Wednesday 2 March 2016

Memaksimalkan Fitur Chronograph pada Jam Tangan

Ada salah satu fitur jam tangan yang sering kita dengar yaitu Chronograph.Namun kebanyakan orang membeli jam tangan chronograph hanya mengikuti trand jam tangan saat ini.
berikut kita akan membahas jam tangan chronograph :

Sebenarnya chronograph berasal dari kata chrono yang artinya waktu dan graph yang artinya alat. Jadi jam chronograph adalah jam tangan yang dilengkapi fitur pengukur waktu atau yang kita kenal dengan stopwatch.


Jam chronograph biasanya mempunya dua sampai tiga subdial pada dial utamanya. Subdial ini berfungsi untuk detik jam, dan penunjuk waktu dalam menit. Pada jenis tiga subdial, biasanya subdial ketiga adalah penunjuk jam dalam satuan 12 atau 24 jam. Sedangkan jarum detik besar di dial utama, seringkali terdiam saja di angka 12 dan tidak bergerak. Karena jarum detik besar ini adalah jarum untuk detik stopwatch. Kita bisa mengaktifkan jarum detik stopwatch dengan menekan tombol sebelah kanan (atas) dari crown yang sejajar angka dua, dan untuk stop jarum detik stopwatch ini, tekan kembali tombol tersebut, maka jarum detik stopwatch akan berhenti. Untuk mengembalikan jarum detik pada tempat awalnya (reset), tekan tombol sebelah kiri crown yang sejajar angka empat.


Seringkali jam chronograph dilengkapi tachymeter pada pada bezelnya. Fungsi tachymeter ini adalah untuk mengukur kecepatan berdasarkan waktu tempuh, biasanya para juri pencatat waktu untuk kejuaraan balap mobil atau motor, menggunakan jam tangan chronograph yang mempunyai tachymeter pada bezelnya. Fitur chronograph pada jam tangan juga terdapat pada jam diver maupun pilot. Pada jam diver tentu saja, fungsi chronograph sebagai timer waktu selama didalam air, dan pada jam pilot, fungsi chronograph untuk mencatat lamanya penerbangan dari suatu bandara ke bandara lainnya.


Sebenarnya, fungsi stopwatch ini bisa digunakan juga diberbagai kegiatan yang membutuhkan estimasi waktu. Jadi tidak hanya terbatas pada hal-hal yang telah disebutkan diatas. Tentara militer juga biasanya menggunakan jam jenis chronograph untuk dipakai sebagai estimasi waktu dalam melakukan operasi militer, demikian juga dengan koki yang sedang memasak dan harus menyelesaikan masakannya dalam durasi waktu tertentu.


Jadi, jam chronograph sebenarnya mempunyai fungsi pengukur waktu atau stopwatch yang bisa bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari. Terutama untuk kegiatan yang harus dilakukan dalam durasi tertentu. Dilihat dari sisi fashion, jam chronograph biasanya cukup tebal sehingga mempunyai kesan macho, dan banyaknya subdial serta tombol ppada jam chronograph membuat jam ini terlihat futuristik.

Itulah pembahasan tentang mengenal fitur jam tangan berfitur chronograph. Semoga menjadi wawasan kita tentang memaksimalkan pemakaian fitur-fitur pada jam tangan.